Rabu, 03 Juni 2015

Tata Letak (LAYOUT)

1. Pengertian Tata Letak (Layout).
Usaha menyusun, menata dan memadukan unsur-unsur komunikasi grafis (teks, gambar, warna dan lain-lain) menjadi media komunikasi visual yang komunikatif, estetik, persuasif, menarik, dan mendukung pencapaian tujuan secara cepat dan tepat dikenal dengan istilah tata letak.
1.  Fungsi Tata Letak (Layout) Menurut Freddy Adiono Basuki (2000)
-      Mencapai Keharmonisan.
-      Nilai Estetis.
-      Ekoomis.
-      Komunikatif
2.  Tahapan Tata Letak (Freddy Adiono Basuki).
1.   Membuat Sketsa Kecil (Thumbnail).
2.   Membuat tata letak kasar (abrupt lay out).
3.   Membuat tata letak komprehensif.
4.   Komposisi Tata Letak.
Komposisi (composition) adalah usaha untuk mendapatkan keseimbangan bentuk dalam mengorganisasikan unsur-unsur terpenting dalam penciptaan karya seni dan atau media komunikasi grafis yang harmonis, komunikatif, dan persuasif.
5.Kaidah-kaidah kompisisi.
-      Proporsi (Proportion)
-      Keseimbangan (balance)
-      Irama atau ritme
-      Kesatuan (unity)
-      Pusat perhatian (focus of interest)
-      Kontras (contrast)
6.Langkah-langkah Dasar Mendesain.
1.   Menentukan Bentuk/Shape.
2.   Menetukan Peletakan.
3.   Menentukan Proporsi.
4.   Menentukan Layout.
5.   Menentukan bentuk (shape) yang sudah dipilih
6.   Menentukan proporsi yang paling baik
7.   Menambahkan ruang-ruang untuk naskah (body copy)
8.   Membuat bentuk-bentuk alternatif
9.   Bereksperimen dengan jenis-jenis huruf untuk desain, misalnya jenis huruf dekoratif
10.       Menambahkan warna pada judul diikuti warna pada teks.
11.        Penting untuk memahami psikologi warna dan pengaruhnya kepada karakteristik sasaran.
12.       Memasukkan ilustrasi dan memperhatikan kesesuaian dengan huruf, baik judul maupun naskah
13.       Memasukkan ilustrasi baik foto-foto maupun hand drawing dan menyesuaikan dengan jenis huruf, baik judul maupun naskah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar